10 Jenis Kopi Yang Terkenal di Dunia

Diposting pada

Kopi ialah salah satu komoditas yang terdapat di dunia dan sudah dibudidayakan berbagai negara. Kopi tiada lain ialah sebuah sajian yang didapatkan dari biji kopi yang sudah disangrai dan dihaluskan sampai menjadi bubuk. Sekilas mengenaisejarah kopi, terdaftar bahwa kopi ditemukan oleh Bangsa Etiopia yang terdapat di Benua Afrika.

Kemudian kopi terus berkembang sampai ahirnya menjadi minuman populer sampai saat ini. Tidak tidak sedikit yang tahu bahwa khasiat kopi dapat menurunkan resiko seperti penyakit diabetes, kanker, batu empedu, dan penyakit jantung.

Sajian kopi baik dalam suasana hangat ataupun dingin tidak akan pernah merubah cita rasanya. Untuk semua penggemar kopi, tidak akan melewati hari – harinya dalam menyeduh kopi. Di kantor pun jarang kali tersedia kopi apabila karyawan mengantuk, dapat menyeduh kopi disela-sela kerjanya.

 

Sumber Gambar : tribunnews.com

 

Meskipun tidak semua orang yang berasumsi bahwa efek yang dimiliki kopi tersebut tidak baik, tetapi tidak mengurangi jumlah peminat kopi di dunia. Dibalik efek yang negatif, kopi memberikan sejumlah manfaat diantaranya menangkal depresi, menambah metabolisme tubuh, mengasah memori.

Kopi yang tadinya hanya berbentuk biji kemudian diubah menjadi kopi hitam dengan rasa yang pahit, ternyata kini tidak sedikit sekali olahan kopi yang dapat kamu nikmati dan tidak sedikit sekali macamnya. Untuk anda yang masih bingung bahkan belum tahu dengan macam-macam kopi yang ada, kamu dapat lihat pembahasan artikel berikut ini.

 

1. Espresso

Jenis kopi Espresso ini lebih populer di Eropa dikomparasikan Amerika. Kopi ini adalah kopi hitam yang aromanya paling kuat dan pekat. Kopi ini didapatkan dari ekstrak biji kopi yang sudah digiling. Secangkir espresso ini dapat kamu nikmati dengan mengurangi bubuk kopinya di dalam portafilter.

Inilah alasannya kenapa espresso tidak jarang disebut “shot” sebab berasal dari proses mengurangi kopi giling dan penyajiannya murni dari seduhan kopi giling dan air yang mendidih tanpa ada ekstra susu, pemanis ataupun krimer.

2. Americano

Kopi ini adalah espresso yang dibaur  dengan air panas. Awal terbentuk kopi Americano ialah saat penduduk Amerika hendak menikmati espresso yang tidak terlampau kental sampai-sampai mereka menambahkan air panas ke dalam espresso.

3. Cappucino

Jenis kopi ini sebetulnya merupakan gabungan dari espresso, susu, dan busa susu. Yang menjadi cappucino semakin nikmat ialah tekstur dan temperatur susu yang dapat menciptakan cappucino itu terasa lebih halus dan manis.

4. Latte

Tidak tidak banyak orang-orang kurang dapat membedakan antara cappucino dan latte sebab memang kedua jenis kopi ini mempunyai bahan dasar yang sama yakni espresso dan susu. Tapi yang membedakan ialah komposisi susu dan kopi pada latte yakni 3:1. Di samping itu, lapisan busa yang terdapat pada latte tampak tipis.

5. Moka

Moka ini merupakan gabungan espresso, cokelat dan susu. Tambahan cokelat dalam minumian ini menambah wewangian dan rasa yang nikmat. Jenis cokelatnya pun berbagai mulai dari bubuk kokoa manis sampai sirup. Dalam sajiannya, selain gabungan cokelat, kamu dapat menambah whipped cream dan taburan marshmallow, atau bubuk kayu manis di atasnya.

6. Red Eye

Buat anda yang ingin minuman menambah energi, Red eye ialah pilihan yang tepat. Dari namanya saja telah terdengar mengerikan. Sebenarnya minuman ini dari espresso yang dibaur dengan kopi hitam, bahkan di sejumlah negara Red Eye memiliki banyak nama diantaranya a shot in the dark dan eye opener, black eye.

7. Hammerhead

Hammerhead mengandung espresso didalam takaran cawan ukuran regular dan kemudian dipenuhi dengan sejumlah tetesan kopi.

8. Flat White

Kopi yang satu ini berkembang pada tahun 1980 di negara Australia dan New Zealand. Adapun teknik penyajiannya ialah dengan menuangkan foam susu yang paling halus diatas espresso. Minuman yang satu ini seperti cappucino dan memakai ukuran cawan yang sama. Rasa yang lembut namun tidak selembut caffe late menciptakan lidah semakin nikmat. Berdasarkan keterangan dari informasi bahwa flat white ini sangat disukai oleh orang Australia.

9. Kopi Khotok

Pernah mendengar kopi yang satu ini? ya, kopi dengan penyajian yang tradisional ini diciptakan dengan tumbukan biji yang diseduh bareng gula dan air dalam sebuah teko. Rasa yang didapatkan begitu lekat dan memiliki karakteristik yang menarik dan nikmat. Kopi ini tidak sedikit ditemukan di kedai-kedai kopi yang tentunya menyediakan kopi tradisional.

10. Kopi Robusta

Kopi yang satu ini tidak sedikit sekali diproduksi dan gampang sekali dibudidayakan sebab jenis tanamannya powerful serta tahan terhadap penyakit dan pun hama. Rasa yang didapatkan begitu powerful dan kafein yang terdapat didalamnya lebih banyak dibandingkan di antara biji kopi lain yakni Arabika. Pengolahannnya juga biasanya diciptakan sebagai kopi tubruk.

 

Itulah sejumlah Macam Macam Kopi yang perlu anda tahu, dan manakah kopi favoritmu? Masih banyak lagi macam – macam kopi yang sudah sebutkan diatas.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *